Wednesday, December 29, 2010

Nintendo Peringatkan Bahaya 3D untuk Anak-Anak

Nintendo memperingatkan kalau kacamata 3D dari perangkat game portabel, seharusnya tidak digunakan oleh anak-anak di bawah umur 6 tahun, ketika gadget tersebut sedang dalam mode visual 3D.

Menurut PC World dan media lainnya, di website Nintendo dikatakan bahwa mata dari anak-anak di bawah umur 6 tahun belum berkembang secara maksimal dan pemakaian kacamata 3D akan menghambat perkembangan tersebut. Nintendo menyarankan agar para orang tua menonaktifkan fungsi 3D saat meninggalkan mode 2D bisa diakses. Demikian seperti yang dikutip dari CNet, Rabu (29/12/2010).

Pernyataan tersebut juga menyarankan para gamer yang lebih tua untuk beristirahat setelah melihat 3D selama 30 menit di perangkat game. Para gamer juga disarankan untuk beristirahat setelah bermain game 2D selama satu jam. Pihak Nintendo juga mengatakan untuk berhenti melihat tampilan 3D pada game jika mereka mulai merasa demam.


Pada bulan Mei lalu, CEO dari Nintendo, Satoru Iwata mengatakan ke Associated Press bahwa masalah kesehatan yang berkaitan dengan 'penglihatan anak-anak' adalah faktor mengapa Nintendo juga membuat mode 2D juga ada di perangkat game 3D mereka.

Nintendo pertama kali mengumumkan produk Nintendo3D nya pada bulan Maret 2011. Dikatakan juga kalau perangkat game 3D tersebut akan tersedia di AS dan Eropa pada bulan Maret 2011.

Nintendo 3D rencananya akan diperkenalkan pertama kali untuk publik pada acara Nintendo World 2011 di Jepang. Dilaporkan kalau anak-anak di bawah umur 6 tahun tidak diperbolehkan untuk menggunakan perangkat tersebut pada acara tersebut.

No comments:

Post a Comment